Kamis, 14 November 2013

Refleksi Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak




Pada postingan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam mempelajari dan memahami tentang mata kuliah rekayasa perangkat lunak selama di kampus saya STMIK Kharisma Makassar.

                Awalnya saya masih meraba-raba bagaimana sebenarnya dan seperti apa mata kuliah RPL ini saat saya memilihnya saat pengisian Kartu Rencana Studi. Dalam benak saya mata kuliah RPL ini sedikit ada hubungannya dengan pembuatan software dan lebih banyak bergulat di bagian koding dan bahasa pemrograman. Namun ternyata persepsi saya salah sejak mengikuti proses perkuliahan perdana    :D

                Di mata kuliah ini kita diajarkan bagaimana sebenarnya cara dan metode yang digunakan dalam merancang suatu perangkat lunak yang tepat guna yang nantinya dapat mempermudah dan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang telah dianalisis secara mendalam dan mendetail sepenuhnya sampai akhirnya sampai di tangan pengguna. Dan ternyata tidak sama dengan bayangan saya sebelumnya.

                Jadi percuma saja kita jago dalam hal programming dan desain program jika kita tidak punya landasan wawasan yang kuat di mata kuliah RPL ini. Seperti layaknya membuat sebuah rumah dengan arsitektur dan fondasi yang payah dan pada akhirnya rumah tersebut mungkin berhasil dibangun namun sangat rentan rusak dan tidak tahan lama maka begitu pula dalam pembuatan perangkat lunak tanpa didasari pemahaman konsep RPL ini.

                Selama saya mengikuti mata kuliah ini banyak hal baru yang saya dapatkan seperti bagaimana kita dapat bekerja secara berkelompok karena pada nantinya saat kita bekerja nanti kita akan bekerja bersama orang lain semisal dalam merancang sistem dari suatu perangkat lunak yang digunakan secara massal dan ini tentu saja dibutuhkan kemampuan memimpin dan bekerja dalam tim seperti kami lakukan saat diadakan kerja kelompok yang membahas tentang model proses dalam pembuatan perangkat lunak. Kita dihadapkan pada situasi untuk bisa membantu anggota lain mengerti tentang materi yang ditentukan dan mempersiapkannya dalam bentuk presentasi di kelas dimana anggota kelompok lain datang mengunjungi kelompok lain untuk mempelajari model proses yang berbeda masing-masing kelompok
               

                Itu adalah salah satu pengalaman yang berbeda dalam proses belajar mengajar di dalam konteks perkuliahan yang saya dapatkan karena saya dihadapkan pada situasi untuk memahami dengan mendalam tentang materi yang diberikan karena kita nantinya akan membagikan ke anggota kelompok lain yang berkunjung sehingga kita diajarkan untuk menjadi lebih bertanggung jawab dan tidak memberikan informasi yang salah.

                Yah sekian sharing dari saya buat teman-teman sekalian dan semoga ini bisa menjadi pemacu semangat untuk mempelajari suatu mata kuliah secara mendalam terutama tentang Rekayasa Perangkat Lunak karena sebenarnya tidak ada yang sulit jika kita MAU belajar.

1 komentar: