Kamis, 05 Desember 2013

Membandingkan Game SimSe Prototype, Incremental, dan Waterfall


Setelah bergulat dan mencari strategi dalam menyelesaikan game SimSe maka tibalah dipostingan kali ini saya curhat sedikit tentang pengalaman saya tentang SimSe. Setelah mencoba ketiga game SimSe sebelumnya yaitu Prototype, Incremental, dan Waterfall, maka saya memilih game yang difavoritkan adalah SimSe Prototype karena kemudahan menyelesaikan proyeknya. Tidak seperti waterfall, di SimSe prototype saya tidak perlu meyusun ulang anggota tim yang akan mengerjakan proyek dikarenakan semua anggota memiliki skill unik yang dibutuhkan. Selain itu tidak perlu memperhatikan budget dan tool yang akan digunakan.

Kunci dari permainan SimSe prototype adalah prototyping language menggunakan Visual Basic dan Implementasi language menggunakan Java yang jelas berpengaruh pada kecepatan menyelesaikan proyek. Sedangkan yang kategori lumayan gampang saya memilih SimSe Incremental karena saya sudah menguasai konsep dasar incremental karena kelompok saya yang mempresentasikan di kelas tentang Incremental. Yang membuat incremental lumayan rumit karena proses pengerjaan proyek lumayan lama dan dibutuhkan kesabaran dan ketelitian karena dilakukan per modul dan jika ada revisi maka kita harus mengecek agar requirements progress, design progress, implementation progress mencapai nilai 100. Dan proses ini berulang terus dimana coding, design, integrasi dan risk analysis dilakukan terus menerus.

Dan yang terumit tentunya adalah Waterfall SimSe karena harus membeli tool, menyusun ulang anggota tim, memberi pekerjaan sesuai keahlian ke anggota agar mengurangi kemungkinan error yang dapat memperlambat proses pengerjaan dan selain itu harus memperhatikan juga budgetnya karena jika habis kita bisa bangkrut.

Yah mungkin itu pengalaman saya memainkan game simulasi SimSe. Tapi selain menyenangkan, saya jadi lebih mengerti bagaimana tiap model proses diimplementasikan di dunia kerja yang sesungguhnya melalui simulasi. Jadi kita sekalian belajar dan main game. Awas game ini dapat menyebabkan stress berkepanjangan dan rasa penasaran. Sekian dari saya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar